Headline News

Read more: http://secebisilmu.blogspot.com/2013/05/cara-pasang-berita-terbaru-headline.html#ixzz2Vs7VTXPC

Kamis, 28 November 2013

Letusan Merapi Menarik Wisatawan, Kunjungan Meningkat



REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Letusan Gunung Merapi yang terjadi tahun ini tidak menyurutkan jumlah wisatawan ke Sleman. Jumlah kunjungan justru naik lebih dari 3.700 wisatawan. 

Hingga November 2013, Gunung Merapi tercatat beberapa kali mengeluarkan material letusan. Erupsi terbaru pada 18 November lalu membuat hujan abu vulkanik di wilayah Boyolali, Klaten, hingga Solo. Letusan sebelumnya pada 22 Juli, abu Merapi bahkan sampai ke Bantul dan menutupi sebagian Sleman. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi mengaku letusan Gunung Merapi tahun ini tidak mempengaruhi jumlah kunjuangan wisatawan ke Sleman. Menurutnya, pasca letusan Merapi justru bermunculan wisata baru di Sleman. "Sejauh ini, letusan Merapi tidak berpengaruh pada kunjungan tapi kalau ada kehati-hatian dan waspada itu wajar," ungkapnya kepada Republika, Kamis (28/11). 

Pascaerupsi Merapi 2010, sejumlah kawasan sekitar lereng Merapi dilarang dihuni penduduk. Namun, kawasan tersebut berubah menjadi lokasi wisata. Paket wisata yang ditawarkan di lereng Merapi tersebut dikenal dengan 'lava tour'.

Ayu mengaku lava tour menjadi wisata andalan baru di Sleman. Paket wisata tersebut menawarkan perjalanan ke lereng Merapi menggunakan jeep. "Sepanjang dengan jeep dan mematuhi peraturan, wisata ke lereng Merapi masih aman. Status Merapi juga dinyatakan masih normal aktif," ujarnya. 

Untuk mengembangkan wisata Merapi, Disbudpar memberi pelatihan kepada sopir jeep. Ayu mengatakan pelatihan itu meliputi standar keamanan berkendara. Pelatihan tersebut melibatkan komunitas pengendara di Yogyakarta. 

Dengan obyek wisata baru, jumlah wisatawan ke Sleman tahun ini diproyeksikan meningkat. Ayu menyebut angka penambahan wisatawan bisa lebih dari 3.700 orang. Wisatawan tersebut berasal dari lokal maupun internasional. 

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengaku dalam dua tahun terakhir, kunjungan wisata di Sleman terus meningkat. Data dari Pemkab Sleman menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan domestik pada 2011 mencapai 3,01 juta orang dan wisatawan mancanegara mencapai 262 ribu. 

Jumlah tersebut meningkat dengan jumlah kunjungan wisatawan domestik menjadi 3,07 juta orang pada 2012. Sementara, wisatawan mancanegara mencapai 341 ribu orang.


sumber: http://www.republika.co.id

0 komentar:

Posting Komentar