Headline News

Read more: http://secebisilmu.blogspot.com/2013/05/cara-pasang-berita-terbaru-headline.html#ixzz2Vs7VTXPC

Jumat, 30 Desember 2011

keikutsertaan pasag dalam Konferensi Nasional PRBBK ke-V di Makasar











Konferensi PRBBK (Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas) yang diadakan pada tanggal 5 - 8 Oktober 2009 merupakan suatu kegiatan tahunan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga yang konsentrasi dalam penanganan bencana di Indonesia. Sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan di Bali, namun untuk kali ini pelaksanaannya di Hotel Sahid Jaya Makasar. Dalam konferensi ini semua lembaga baik Nasional ataupun Internasional berkumpul untuk mendokumentasikan dan merumuskan kegiatan pengurangan risiko bencana yang telah dilakukan diwilayahnya masing-masing. Adapun perumusan tentang strategy PRBBK, yaitu:

1. Subyek (Suprastruktur, Infrastruktur)
2. Obyek (Risiko Bencana dan Perubahan Iklim
3. Metode (pendidikan, pemberdayaan, Regulasi, Fasilitasi, Sosialisasi, Komunikasi, Advokasi/ Pendampingan)
4. Ketersediaan sarana dan prasarana/ alokasi dana yang memadai.
5. Sasaran yang ditangani merupakan hal luar biasa yang ditangani dengan cara luar biasa.


Tim gabungan dari Jangkar Kelud dan Pasag Merapi mengirimkan masing-masing 5 perwakilan. Bertemu, berbagi pengalaman, membuat pameran sebagian hasil dari kegiatan PRB yang dilakukan di Kelud dan Merapi menjadi agenda selama 4 hari di konfrensi ini. Belanja dan jalan-jalan tak luput incaran para peserta, pantai Losari dan Studio Trans menjadi incaran menarik tuk melepaskan penat dan menikmati keindahan kota Makasar paska konferensi.

Sukses selalu PRB yang dilakuan teman-teman ini di wilayah masing-masing menjadi panjat doa yang dalam dan komitmen memperlakukan bencana secara berbeda. Perubahan respon menjadi kesiapsiagaan/ dilakukan disemua siklus, bertumpu pada masyarakat, intensif dan berkelanjutan serta alokasi dana yang memadai untuk kegiatan kebencanaan merupakan rencana mitigasi yang harus dilakukan oleh semua pihak.







0 komentar:

Posting Komentar