Headline News

Read more: http://secebisilmu.blogspot.com/2013/05/cara-pasang-berita-terbaru-headline.html#ixzz2Vs7VTXPC

Rabu, 17 Juli 2013

PREMAN MERAPI


Lupa tahun Tak Berarti Melupakan sejarah
PASAG MERAPI,RADIO KOMUNITAS LINTAS MERAPI,JALIN M ERAPI,FORUM MERAPI
Lupa tahu,dan tanggal tapi aku masih sangat ingat sejarah Pasag merapi Klaten,semula ada namanya Kapalla yang mengadakan pelatihan PPGD di Desa tegalmulyo,saya yang mendapatkan undangan,tetapi karena saya kira saat itu adalah kegiatan GAM (gabungan Anak Merapi) yang pada saat itu saya secara pribadi hanya mengenal rombongan pendaki yang suka mendem (minum-minuman keras)maka saya menipu mas Mulyono (banjo) dan mas Bendhu (maryanto),untuk menghadiri kegiatan tersebut di tegalmulyo,alhasil mereka bercerita tentang kegiatan tersebut “lho dudu gam To sing ngenengke” (lho bukan Gam to yang mengadakan kegiatan, dalam batin saya ada sedikit menyesal karena kegiatanya adalah PPPK (saya artika saatitu),karena saat itu saya dan adik ipar saya sriwidagdo yang dapat undangan,kemudian beberapa bulan saya saat di rumah mertua kedatangan seseorang berwajah sangar (garang) gondrong,rambut jarang penampilan seperti gento(Preman), dating ke rumah mertuaku dan bercerita tentang organisasi dan yang sudah ada di merapi kabupaten magelang,sebaiknya sebagai warga merapi itu bagaiman dan ,,bla.bla.bla…,.. aku semakin tertarik dengan ide tersebut ,maka saat itu di adakan pertemuan 3 Desa di pesanggrahan PB X , tempat wisata deles indah ,lupa siapa yang hadir tetapi ,kira2 yang dibahas adalah tentang nama organisasi,kemudian menamakan Sabug Merapi, setelah itu kemudian mengadakan pelatihan PPGD-PPGD,. Dan pertemuan2 lanjutan tentang kegiatan masyarakat,karena saya dan adik ipar banyak kegiatan di kampung maka ,setiap pertemuan yang sering hadir adik kandung saya ,Sarjino,Mulyono,atau bendhu,pelatihan berikutnya sudah ke kalitengah (pak Semi),Tanggung, hingga ke Kinahrejo (pak Sambi ),dll sampai pertemuan-pertemuan berikutnya di Kaliurang, saat itu sudah sering bersama pak suroso (pak Lurah) Sidorejo,Pak Jainu,dan lain-lainya,anggota dari kegiatan tersebut semakin banyak,tetapi masalah selalu ada,dan kita selesaikan bersama, misalnya nama Sabug Merapi menjadi Pasag Merapi (alas an tidak saya sampaikan disini), pertemuan-pertemuan berikutnya sudah ke Hotel di kaliurang (nama lupa), dilanjutkan ke hotel Joyo kaliurang, (hingga sekarang paling sering di pakai), di hotel joyo itulah kami warga merapi sering di pertemukan dengan banyak teman yang sama terancam bencana, beda lokasi dan beda ancaman, Misalnya di kulonprogo,Sayung Demak,Gunung Kidul,sampai beberapa teman dari berbagai propinsi, di situ pula mengenal yang namanya Eko Teguh Paripurno,Mas Giri,Sofyan Eyang, Aris,BERSAMBUNG....

oleh : Sukiman

0 komentar:

Posting Komentar